Saturday, August 3, 2013

Sahurnya VOC

Seperti di bulan Ramadhan tahun- tahun sebelumnya, setiap waktu sahur tiba masyarakat Indonesia selalu disuguhkan dengan tayangan komedi. Lepas dari masalah yang 'menyelimuti' dari acara- acara tersebut pada waktu sahur, saya tertarik melihat salah satu acara kita sebut saja SAHURNYA VOC. Dimana pada acara tersebut diadakan lomba untuk menebak suatu barang yang biasanya disimpan didalam sebuah koper. Yang mana, nanti pada akhir acara koper tersebut dibuka untuk dicocokkan dengan barang- barang yang telah dibawa oleh para peserta.

Saya memang tidak mengikuti acara ini secara keseluruhan, hanya sepotong- sepotong. Tapi jika saya ingat- ingat jika tidak ingin disebut memperhatikan sepertinya pemenang dari perlombaan tersebut selalu 2 orang atau setidaknya belum pernah saya melihat pemenangnya sampai dengan mencapai 5 orang. Benak saya hanya bertanya, mengapa mungkinkah pemenangnya selalu barang yang dibawa dengan jumlah terkecil ?!

Saya tidak tahu bagaimana mekanisme perlombaan tersebut, kalau dilihat sekilas sepertinya barang yang dibawa oleh setiap peserta akan dicatat oleh petugas (saya menduganya sebab setiap barang telah diberikan nomor). Jika memang benar mekanismenya seperti itu, maka sebenarnya "bisa saja" data barang tersebut diproses guna mendapatkan nama barang yang jumlah paling terkecil. Lalu pertanyaan berikutnya ialah, bagaimana dengan barang yang ada didalam kopernya? bagaimana cara menggantinya -jika memang sudah berisi sebelumnya-?.
Seberapa sulitkah ? perlu bantuan mas Deddy C. untuk penjelasannya ?!

Well, saya hanya tertarik untuk membuat aplikasi sederhana berbasis web menggunakan PHP dan MySQL untuk membuktikan kalimat "bisa saja" diatas.

data barang sahurnya VOC
Tampilan Aplikasi Data Barang Sahurnya VOC


Kode sumber: unduh disini.

No comments: