Tuesday, February 14, 2012

Tarahu... Tarahu....

Rasa- rasanya sudah lama saya ndak menulis lagi diblog lawas ini. Mawar maafin saya yaa... (Iklan XL MODE ON) hahahhaahha
Pada tulisan ini saya ingin berbagi sedikit cerita tentang kegiatan saya pada tanggal 12-13 Februari 2012 di Sumedang. Dimulai pada tanggal 3 Februari 2012, saya di calling oleh Prof. Dr. I Wayan Simri Wicaksana, S.Si, M.Eng perihal kegiatan perkuliahan umum di STMIK Sumedang. Beliau bermaksud mengajak saya menjadi asistennya dalam kegiatan tersebut. Tema materinya ialah tentang Open Source, tanpa berpikir panjang lebar saya langsung terima ajakannya.
Setelah berdiskusi dengan beliau, akhirnya ditetapkan bahwa saya akan memberikan materi + demo berikut :


  1. Installasi Sistem Operasi Linux (Menggunakan Distro OpenSuse)
  2. SSH X Forwarding
  3. Installasi Web dan Database Server
  4. LibreOffice
  5. LyX (Buku ttg LyX dgn lisensi open content dapat Anda download disini.)

    Saya pribadi sangat antusias dengan kegiatan tersebut, karena ini merupakan pertama kalinya saya membawakan materi di luar kota. Hemat kata, acara berlangsung dengan lancar, aman dan terkendali :D
    Pesertanya (yang terdiri dari mahasiswa STMIK Sumedang semester 6) yang berjumlah sekitar 200 orang juga sangat antusias sekali mengikuti kegiatan tersebut. Banyak sekali pertanyaan- pertanyaan yang diajukan oleh peserta.

    Sebelum kegiatan berlangsung, saya sudah menyiapkan beberapa hadiah "kecil" yang siap untuk dibagikan kepada para peserta nantinya, yaitu 7 pcs kaos, 1 unit Flash Disk 4 GB dan 1 unit GSM Modem. Walaupun harganya tidak seberapa, tapi yang terpenting ialah semangat berbaginya.

    Saya kurang tahu sumedang, apakah di Kota Sumedang sudah terbentuk organisasi KPLI (Kelompok Pengguna Linux). Mudah"an kegiatan tersebut bisa menjadi awal terbentuknya KPLI Sumedang dan disusul dengan terbentuknya LUG (Linux User Group) disetiap kampus" di Kota Sumedang. AMIIN

    Semoga lain waktu saya dapat kembali lagi ke kota Sumedang dengan kegiatan- kegiatan yang sama maupun berbeda.

    No comments: